Saturday, December 7, 2019

Bukit Jonambang, Landscape Tanah Wonogiri - Wisata Indonesiaku


Assalamu’alaikum warahmatullah wabrakaatuh

Bismillah,

Apa kabar teman-teman semua? Semoga kita semua dalam keadaan sehat tanpa ada halangan apapun.

Ok, postingan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang apa yang saya ketahui dan berdasarkan pengalaman saya, jadi jika ada kesalahan atau informasi yang tidak sesuai mohon untuk dimaafkan., yaitu tentang salah satu wisata di Kabupaten Wonogiri.

Apa yang akan saya bahas pada postingan kali ini?
Simak terus sampai akhir, ya?

Setelah kita bahas Bukit Cumbri di postingan sebelumnya, kali ini saya juga akan membahas salah satu wisata yang berada di bukit. Bukit ini terletak di Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Bukit ini adalah Bukit Jonambang. Mau tahu selengkapnya tentang Bukit Jonambang?

Ok, agar lebih mengetahui secara detail tentang Bukit Jonambang, mari kita simak!

A. LOKASI
Sebelum kita berkunjung ke Bukit Jonambang, kita harus mengetahui terlebih dahulu lokasi Bukit Jonambang ini dan jalan yang harus dilewati untuk mencapainya. Secara garis besar Bukit Jonambang terletak di Kecamatan Baturetno, di sekitar Desa Baturetno dan Desa Watuagung.
Alamat lengkapnya ada di
Atau lebih detailnya ada di Google Maps dibawah ini:

PETUNJUK ARAH:
Jalan Raya Provinsi Baturetno Pacitan, sekitar 2-3 Km dari perempatan pasar Bung Karno Baturetno ke arah selatan atau bisa juga 5-6 Km dari pertigaan Giriwoyo ke arah utara. Setelah itu kita akan menemukan SMAN 1 Baturetno yang berada di sebelah timur jalan raya. Di sebelah utara SMAN 1 Baturetno ada jalan ke arah timur, ikuti jalan tersebut sejauh 3-4 Km dan tinggal kita ikuti petunjuk arah maka kita akan sampai di Bukit Jonambang.

Untuk mobil sebenarnya bisa parkir di bukitnya, namun menurut saya jalanannya sangat ekstrem dan masih banyak bebatuan, ketika saya berkunjung ke Bukit Jonambang, saya memarkirkan mobil di halaman rumah warga yang berada dibawah bukit, tapi kita perlu sedikit berjalan ke Bukit Jonambang. Ya, memang karena saya juga merupakan warga di Desa Baturetno, maka saya sangat berani untuk meminta tolong kepada warga sekitar untuk meminjamkan halamannya sebagai tempat parkir mobil yang saya kendarai.

Untuk motor bisa diparkirkan di Bukit Jonambang langsung dengan biaya Rp 3000 (harga bisa saja berubah).



B. FASILITAS
1. Musala
Bukit Jonambang menyediakan musala untuk kita yang beragama islam, jadi tidak perlu khawatir untuk sholat, karena disini sudah tersedia musala. Jangan lupa bagi kita yang muslim untuk menunaikan kewajiban kita menjalankan sholat 5 waktu!

2. Toilet
Bukit Jonambang juga menyediakan fasilitas untk kita semua yang berkunjung kesana. Namun, air di wisata ini kurang lancer, mungkin memang didaerah ini sulit untuk mencari air. Akan tetapi, air yang tersedia masih cukup untuk kita gunakan untuk berbagai keperluan. Pesan saya, jangan boros dalam menggunakan air!

3. Warung Makan
Saat saya mengunjungi Bukit Jonambang, saya memang tidak membeli apapun di warung makan yang tersedia karena rumah saya tidak begitu jauh. Jadi, mohon maaf saya tidak bisa memberi informasi lebih mengenai hal ini.

C. WISATA BUKIT JONAMBANG
Setelah kita mengetahui lokasi dan fasilitas, kita akan jalan-jalan menjelajah Bukit Jonambang ini agar kita mengetahui apa saja yang bisa kita dapatkan di Bukit Jonambang.

Pertama, jika kita mengunjungi bukit ataupun gunung, yang pertama terpikir di pikiran kita adalah pemandangan, benarkah? Memang benar, di bukit kita akan mendapatkan landscape yang sangat indah.

Setelah kita menaiki Bukit Jonambang, kita akan disajikan landscape tanah Wongoiri yang indah. Di Bukit Jonambang disediakan banyak spot foto seperti perahu kayu, menara, dan alas bintang dengan bendera merah putih. Sehingga memang disini kita bisa dapatkan foto yang menarik selain kita mendapat pemandangannya.

Di atas Bukit Jonambang, kita bisa melihat luasnya dataran Kabupaten Wonogiri diantaranya ada Waduk Gajah Mungkur, Permukiman Warga, dan Pegunungan disebelah selatan Kabupaten Wonogiri.

Kita bisa jernihkan pikiran kita diatas bukit ini. Dan yang paling seru adalah ketika kita ajak pasangan halal kita untuk bersantai bersama. Momen ini menurut saya merupakan momen yang sangat menyenangkan walaupun saya hanya bersama teman-teman saya.

Sebagai sejarah, diatas bukit ini ada makam yang bernama “MBAH JONAMBANG”, mungkin itu salah satu alasan mengapa bukit ini dinamakan Bukit Jonambang.

Di Bukit Jonambang kita juga bisa berkemah, namun tentunya harus dengan perizinan yang sesuai prosedur.

Demikian info yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua
Sebagai penutup, datanglah ke Bukit Jonambang ketika pagi hari atau sore hari, karena disini kita bisa dapatkan indahnya sunrise dan sunset. Seperti gambar dibawah ini:




Terima kasih

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh

Disqus Comments