Monday, September 16, 2019

REVIEW!!! BUKIT CUMBRI WONOGIRI FT PONOROGO - WISATA DI INDONESIA


Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh

Alhamdulillah masih terus diberi kesempatan untuk melanjutkan karya-karya saya disini.

Sedikit informasi, blog Jelajah Negara sekarang sudah berganti nama menjadi Wisata Indonesiaku, dengan domain awal www.jelajahnegara.blogspot.com menjadi www.wisataindonesiaku.com, dengan harapan dengan berganti nama ini akan bertambah orang yang datang ke blog saya dan mendapat informasi dari apa yang saya tulis. Sehingga tulisan saya akan bermanfaat bagi semua orang. Aamiin.

(Baca juga : Review!!! Pantai Klayar Pacitan)

Pada postingan-postingan sebelumnya, saya banyak mengulas tentang pantai, namun kali ini saya akan mengulas hal yang berbeda, kira-kira kalian tahu atau tidak apa yang akan saya ulas kali ini?
Agar kalian tahu, ikuti terus sampai akhir postingan kali ini!

Ok, kali ini saya akan mengulas sebuah tempat wisata yang mungkin bisa dibilang belum banyak orang yang mengetahuinya. Padahal, wisata yang akan saya ulas di postingan kali ini berada di salah satu kota yang terkenal di Indonesia, yaitu Kabupaten Ponogoro dan Kabupaten Wonogiri. Jika kalian mendengar kata “Ponorogo”, apa yang terpikirkan pertama kali di pikiran kalian? Ya, pasti Reog Ponorogo. Memang selain kota yang satu ini terkenal dengan keseniannya, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata yang unik, menarik, dan menjanjikan. Salah satu tempat wisata tersebut akan saya ulas dibawah ini.

Pernahkah kalian berkunjung ke wisata yang berbau dengan alam yang hijau seperti gunung, bukit, dan lain-lain? Saya kira tidak semua orang pernah mengunjunginya.


Pada ulasan kali ini saya akan mengulas tentang sebuah bukit di perbatasan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri yang bernama Bukit Cumbri Apakah kalian ingin tahu tentang Bukit Cumbri?



Ok, simak terus sampai akhir! Jangan lewatkan informasi dibawah ini ya?

(Baca juga : Review!!! Pantai Klayar Pacitan)

A. Lokasi
Bukit Cumbri terletak di perbatasan antara Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Ponorogo. Alamat lengkapnya yaitu di Kepyar, Purwantoro, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57695.

Selain itu, saya juga sediakan lokasi Bukit Cumbri dalam bentuk Google Maps dan langsung bisa kalian klik dibawah ini:
 Ok, saya akan berikan sedikit penjelasan tentang arah yang harus dituju. Jika kita dari arah barat yaitu kota Kabupaten Wonogiri kita teruskan perjalanan kita ke arah timur sampai Kecamatan Ngadirojo, setelah itu sampai di pertigaan besar, ambil arah lurus ( arah Ponorogo ) sesuai dengan papan petunjuk yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan, setelah ke timur sejauh puluhan kilometer, sampailah kita di Kecamatan Purwantoro yang merupakan perbatasan Kab. Wonogiri dan Kab. Ponorogo, di dekat terminal Purwantoro kita harus ambil jalan ke arah utara sekitar 1 km dan setelah itu ada gang ke timur, kita ambil jalan ke arah timur dan ikuti terus jalan dan pada akhhirnya kita akan sampai di Bukit Cumbri.

Perlu diketahui bahwa jalanan menuju Bukit Cumbri sangat ekstrim, tanjakan tajam berkelok, jalanan seluas 2.5m, dan memiliki batuan yang terjal. Persiapkan kendaraan kita dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu berdoa!

B. Fasilitas

Wisata ini merupakan bukit yang bisa kita kunjungi sebagai tempat rekreasi  dan sepertinya ini belum menjadi fokus oleh pemerintah setempat. Namun jangan khawatir, walaupun belum menjadi fokus pemerintah setempat, ada fasilitas yang disediakan disini.
Fasillitas yang ada adalah sebagai berikut:
1. Musala
Untuk saya sendiri ketika mengunjungi Bukit Cumbri ini menjalankan sholat jauh dari wisata ini. Namun, terdapat musala di sekitar pedesaan ini. Untuk lebih mudah, langsung saja tanyakan kepada warga setempat dimana letak musala terdekat.

2. Toilet
Toilet juga belum tersedia disini secara serius, namun kita bisa menumpang kepada warga setempat yang berada di wisata ini, dan saya berani menjamin kita akan diperbolehkan untuk menumpang, karena orang Jawa terkenal dengan keramahannya ketika ada tamu yang meminta bantuan.

3. Tempat Parkir
Tempat parkir disediakan oleh warga setempat dengan memanfaatkan halaman rumah mereka yang luas. Biayanyapun gratis (seingat saya), namun saya tetap membayar, ada juga sumber lain yang menyebutkan tiket parkir sebesar Rp 3000 dan sepertinya saya mendaat biaya parkir gratis karena saat weekday  dan tidak ada pengunjung yang datang. Menurut saya, parkir disini aman dan nyaman.
4. Warung Makan
Tidak ada warung makan diwisata ini, kita yang ingin makan bisa turun ke permukiman warga yang memiliki warung dan saat itu saya mendapatkan warung makan serta kenyamanan di warung makan tersebut walaupun hanya warung biasa.

Harga yang ditawarkan sangatlah murah. Mungkin selama berkunjung ke tempat wisata, harga termurah berada disini.

(Baca juga: Review!!! Pantai Klayar Pacitan)

C. Wisata Bukit Cumbri
Saya akan membagikan tentang apa saja yang ada di Bukit Cumbri menurut pengalaman dan pendapat saya.

Bukit Cumbri merupakan wisata yang sangat indah dan mempesona. Di atas bukit ini kita bisa menikmati indahnya alam Indonesia khususnya dikawasan Kab. Ponorogo dan Kab.Wonogiri.

Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan laut (mdpl). Sehingga bukit ini terbilang masih rendah untuk didaki.



Setelah kita memarkirkan kendaraan kita baik roda dua maupun roda empat, kita harus berjalan sejauh 1-3 Km untuk menuju puncak bukit ini dan menghabiskan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai puncaknya.

Puncak dari Bukit Cumbri ini merupakan bebatuan, sehingga untuk mencapainya kita butuh kemampuan dan tenaga lebih. Setelah mencapai puncaknya, kita akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah.

Setelah mencapai puncak, kita dapat menikmati secara langsung indahnya pemandangan alam disini.
Perpaduan antara hijaunya sawah dan pepohonan, permukiman warga dan luasnya dataran bumi membuat landscape disini sangat mempesona.

Sangat disarankan untuk mengambil gambar disini karena memang berkunjung ke Bukit Cumbri ini merupakan momen yang harus diabadikan dan juga merupakan momen yang tidak akan terlupakan.



Bukit Cumbri juga memiliki tempat yang luas dan mungkin bisa digunakan untuk berkemah, namun saya tidak tahu apakah diperbolehkan atau tidak.


Kita juga harus tetap waspada dengan adanya binatang yang bisa mengganggu kita, misal ular, ulat dan binatang lainnya.

Uniknya, diatas Bukit Cumbri terdapat tugu kecil atau batu kecil yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Ponorogo.


Mungkin cukup sekian ulasan tentang Bukit Cumbri yang bisa saya tulis.

Saya memohon maaf jika ada informasi yang belum lengkap dan saya juga memohon maaf atas keterbatasan gambar pada postingan kali ini.

Semoga kedepannya blog ini tetap bisa memberikan manfaat bagi semua orang dan tanpa dukungan kalian blog ini tidak akan terus berjalan.

Semoga yang sedikit ini bisa memberi manfaat bagi semua orang.


Nantikan potingan-postingan selajutnya dan bagi kalian yang ingin request bisa tulis di kolom komentar.

(Baca juga : Review!!! Pantai Klayar Pacitan)

Terima kasih,

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh.

"Wisata Indonesiaku, Cantik di Mataku"














Salam Jelajah Negara,


Penulis,

Anonymous

Disqus Comments